jump to navigation

Anyang-anyangku April 22, 2010

Posted by rizal in kedokteran.
add a comment

Seorang Ibu datang bersama suaminya, tanpa sempet ketok2, si Ibu langsung mbludus berbaring di atas tempat tidur sambil meringis kesakitan memegangi perutnya. Kontan aja dokternya kaget. Wajahnya tampak pucat pasi menitikkan air mata, saking merintih menahan sakitnya. Menurut penuturan sang suami, sebelum ini istrinya mengeluh anyang-anyangen (bhs jawa, artinya: kencing sedikit-sedikit dan sering) disertai rasa nyeri saat kencing (dysuri).

Itulah contoh gambaran penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Segitukah sakitnya? Tentu tiap kasus berbeda. Ada yang gejalanya minimal dan ada yang sampai guling2 gak karuan.
ISK/Infeksi Saluran Kemih adalah adanya infeksi oleh mikro-organisme dalam saluran kemih. Mikro-organisme sebagai penyebab ISK kebanyakan bakteri aerob. Selain itu ISK dapat disebabkan oleh virus dan jamur. tidak pandang bulu, dapat menimpa semua umur, pria maupun wanita. Angka kesakitan pada wanita lebih banyak dibanding pria.

Mengapa Perempuan Rentan?

Demam Berdarah atau bukan? Maret 14, 2010

Posted by rizal in kedokteran.
3 comments

Assalamualaikum Wr.Wb

Demi meningkatkan manfaat dari keberadaan internet yang senantiasa menemani kita ini, maka nggak ada salahnya untuk kita berbagi ilmu lewat blog, milist, ato bahkan facebook. Ok, temen2, kebetulan saya di fb bergabung dalam sebuah grup yaitu milik Departemen Kesehatan. Grup ini cukup aktif mengirimkan berita kepada anggotanya. Nah, kebanyakan dari berita mereka akhir-akhir ini adalah tentang puskesmas2 yang kelimpungan menghadapi Demam Berdarah yang mewabah dimana-mana. Melihat kondisi ini saya pun tergelitik untuk menulis tentang DB, dengan harapan semoga bermanfaat agar upaya pencegahan bisa temen-tmen lakukan sebelum penyakit ini menjadi parah. Berikut ulasannya.

lanjut baca..

Klo disuntik sembuh dok.. Desember 24, 2009

Posted by rizal in kedokteran.
5 comments

Suatu kesempatan mengganti senior saya mengisi klinik, aq mendapat panggilan ke rumah salah seorang pasien yang dulu pernah ku kunjungi.

“Mau kontrol dok” kata keluarga pasien yang datang ke tempat praktek.

Segeralah ku berangkat kesana. Pasien ini adalah seorang ibu yang dulu minta diperiksa karena katanya gak bisa gerak kakinya setelah jatuh dari kursi. Ketika kuperiksa memang ada nyeri tekan dan terlihat asimetris kedua tungkai, lalu kusarankan untuk foto rontgen, tapi sebelumnya tak lupa ku himbau untuk mengurus Jamkesmas terlebih dulu..

baca terus..

When I’m Down Desember 22, 2009

Posted by rizal in Uncategorized.
add a comment

Sometimes i hate myself, i can’t be what Islam expect from me, what Rasul cry for, what parents hopes of me, i am useless.. I caught in the trap that i can’t go out.

Everything i am now, its a counterfelting. Maybe i do my role well in the society, but i cant be a good communicator in dealing with my Creator. I cant be a good follower of Rasulullah SAW. It seems to be so hard.

Sometimes i feel life has no meaning..

I just wondered stand before my Prophet. Fight together against Moslem enemy, be a guard beside him. I would really proud of that. I miss that. I really miss.. Life would be valuable..

Ya Allah, forgive all my fault, help me to survive..

Ya Allah dimana jiwaku berada dlm genggamanNya. Kaulah yang Maha membolak-balikkan hati ini. Kembalikanlah diriku yang bergelimang dosa, menjadi kembali pada fitrah, kembali seperti dulu lagi. Hatiku yang keras ini kembali lunak. Hatiku yang kotor kembali suci. Kembali ingat pada tujuan akhir…

Amin,

Indahnya mendekati Allah SWT November 27, 2009

Posted by rizal in merenung.
add a comment

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:

“Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jamaah manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.”

Sungguh indahnya hadist tersebut !

Hadits itu membuka hati kita yang kadang-kadang terasa jauh dengan-Nya. Mungkin karena kita bergelimang dosa, malas atau merasa tidak ada kekuatan karena begitu sibuk kita dengan kehidupan sehari-hari mengejar karir, ujian atau uang. Kita lupa sehingga hati terasa gersang, tidak ada lagi keinginan untuk mendekati-Nya.

Ucapan Rasulullah ini menunjukkan betapa indahnya kehidupan ini. Tidak ada kata kata terlambat dalam mewujudkan indahnya dalam mendekati Allah SWT.

Allah itu dekat, dalam surat Al Baqarah. Lebih dekat dari urat leher.

Jika kita merasa jauh karena kurang ilmu, banyak kesalahan, sedang marah, kesal, dibebani berbagai persoalan hidup, satu desiran hati mendekati-Nya akan dibalas dengan pendekatan lebih cepat Ilahi Rabbi.

Inilah sebuah aksioma dalam kehidupan yang tidak bisa diperoleh dari manusia.

Zat Maha Agung ini akan berlari mendekati kita manakala kita berjalan mendekatiNya. Satu langkah kecil namun karena yakin Allah Yang Maha Pengasih akan menyayangi hambanya akan dibalas dengan berlipat ganda.

Meski diri sedang malas sekalipun kalau ada desiran, ucapan bahkan tindak tanduk kita, maka segera Allah akan merangku lkita dalam Cinta-Nya.

Saat kita membaca artikel ini, tanda bahwa kita melangkah dekat kepada Allah SWT.

Wallahu’alambishawab

Menyambut 2009 Januari 10, 2009

Posted by rizal in gerakan.
5 comments

logo-pemiluAda sebuah tugas khusus di tahun 2009 yang kita harapkan gerakan mahasiswa mampu berperan di dalamnya. Yaitu mengawal PEMILU 2009. Segala dinamika telah terjadi menjelang pesta demokrasi terbesar di Indonesia. Tak urung sebuah tantangan besar menanti para aparatur negara (dalam hal ini KPU) dalam mensukseskan pemilu tahun ini. PR besar mereka adalah menurunkan angka golput secara signifikan. Bayangkan aja di Jateng, angka golput mencapai 48% dalam Pilkada Jateng 2008. Hampir separuh pemilik hak suara tidak menggunakan hak mereka!

Apakah ini tanda-tanda masyarakat sudah apatis? Sudah bosan berurusan dengan segala hal berbau politik yang mereka pikir tidak mendatangkan perubahan selama ini? Ironis memang, krisis kepemimpinan masih belum menemukan solusi pemecahannya. Jika masyarakat sudah demikian apatis dalam menentukan arah kehidupan bangsa ke depan, kapan kesejahteraan akan dapat kita rasakan? Kapan penderitaan masyarakat miskin berakhir? Kapan bisa melihat Indonesia mandiri? Dan kemana saja MAHASISWA selama ini?

lanjutin baca

Solo vs Malang (2) Desember 27, 2008

Posted by rizal in Lain-lain.
Tags: ,
3 comments

Ini lanjutan dari tulisan sebelumnya dengan judul yang sama. Kali ini lebih ringkas aja dalam membandingkan:

Yang kusuka dari Malang :

  1. Udaranya sejuk banget bro..! alhasil, kasur pun jadi tempat favorit untuk berbagi kisah di alam bawah sadar.. Sebenarnya paling enak jalan2 ketika ada waktu luang, tapi kayaknya anak2 sering pada sibuk sendiri dengan kegiatannya masing2 (termasuk saya juga seeh…)

  2. Makanannya enak dan murah. Tapi hal ini relatif terhadap apa dan dimana kamu makan. Kalo makannya di sekitar kampus, cukup 20rb sehari untuk 3 kali makan plus minum yang layak (gimana? murah gak sih?). Coba kita hitung 20rb x 7 = 140rb lalu dikali 4, jadi 560rb sebulan. Wahh..mahal juga ya. Tapi rata-rata anak kos tu makannya fluktuatif, kadang sehari makan 3 kali, kadang gak makan sama sekali, tergantung mood, kesempatan, dan daya beli…hehe
    lanjut baca

Dikala Ku Mencuci Agustus 17, 2008

Posted by rizal in cerita.
13 comments

Sip Alhamdulillah.. Hebat juga aq dalam sehari bisa nyuci baju 4 ember sekaligus! 4 tahun ngekos baru kali ini nyuci baju sebanyak itu, nyuci sendiri lagi…ckckck*sambil geleng-geleng*. Gak tau nih, kok sempet2nya berbuat demikian? Biasanya nyuci sendok satu biji aja malesnya minta ampun, sendok udah karatan di tempat cucian baru kucuci, itu kalo sendoknya gak ilang duluan…

baca terusannya